Air Minum Yang Layak Dikonsumsi Untuk Hidup Yang Lebih Sehat

air minum
Kata orang hidup kaya itu tidak akan nikmat jika kita sakit-sakitan, hidup penuh cintapun tidak akan terasa sempurna jika kita tidak memiliki tubuh yang sehat. Hidup sehat . . .semua orang mendambakan hidup sehat. Berbagai macam cara dilakukan untuk memiliki kondisi tubuh yang sehat dan fit untuk mendukung berbagai macam aktifitas sehari-hari yang semakin lama semakin padat. Ada satu cara yang tergolong sederhana untuk memiliki tubuh yang sehat, yaitu minum air putih. Mengapa demikian? Karena air adalah unsur yang sangat penting dalam tubuh kita. Komposisi air dalam tubuh manusia sangat besar, 80 % pada bayi, 60 % pada usia dewasa dan sekitar 50 % pada  usia lanjut.

Minum air putih memberikan dampak yang signifikan, antara lain untuk kesegaran tubuh kita, membantu pencernaan hingga mengeluarkan racun. Bahkan air minum bisa membantu kinerja otak menjadi lebih maksimal. Akan tetapi air minum yang layak dikonsumsi sajalah yang bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh kita. Sedangkan air minum yang tidak layak dikonsumsi akan memberikan berbagai macam dampak negatif, mulai dari diare, penyakit kulit hingga dehidrasi. 

Lalu apa sajakah syarat air minum yang layak dikonsumsi itu?

Ada beberapa syarat air minum yang layak dikonsumsi. Di Indonesia sendiri, syarat air minum yang layak dikonsumsi sudah diatur dalam Permenkes no. 492/ MENKES/ PES/ IV/ 2010, antara lain; 

1.      Persyaratan Fisik - Jernih, tidak berbau dan tawar/rasa alami

Air minum yang layak dikonsumsi  harus jernih/tidak berwarna, tidak berbau dan berasa alami. Syarat-syarat ini adalah syarat fisik yang harus dimiliki oleh air minum  yang layak dikonsumsi. Kita  ketahui tidak semua air itu jernih. Air yang berwarna disebabkan oleh partikel-partikel yang berupa bahan-bahan yang ada di dalam air tersebut. Seperti tanah liat, pasir dan lumpur. Tentu kita tidak mau meminum air yang bercampur tanah dan lumpur, bukan? Karena sangat berbahaya untuk tubuh kita. Bau dan rasa juga bisa mempengaruhi kualitas air. Jika air tersebut berbau busuk tentu malas buat kita untuk meminumnya. Bila air tersebut berbau busuk ataupun amis tentu mempunyai rasa yang tidak enak. Oleh karena itu air minum yang layak dikonsumsi itu harus jernih, tidak berbau dan tawar atau rasanya alami.

2.      Persyaratan Biologis - Bebas Kuman yang Berbahaya

Banyak anak-anak yang sering terkena sakit perut ataupun diare. Salah satu penyebab  dari masalah ini adalah kualitas air minum  yang buruk dan masih mengandung kuman berbahaya seperti E Coli dan Coliform. Bakteri Escherichia coli ( E Coli) dan Coliform ini sangat berbahaya dan bisa bertahan hidup di dalam air dalam waktu yang lama. Bakteri ini hanya bisa mati dengan pemanasan 600C  atau sinar UV dengan intensitas tinggi.

3.      Persyaratan Kimiawi

Air minum yang layak dikonsumsi harus memiliki parameter atau tolak ukur kimia yang tepat. Salah satunya harus  mengandung mineral. Kita ketahui bahwa tubuh kita memerlukan mineral untuk proses pertumbuhan, pengaturan dan perbaikan fungsi tubuh. Contoh unsur mineral dalam air minum  adalah magnesium dan kalsium, Fluorida, Natrium, Tembaga, Kalium dan Silika. Semua mineral-mineral ini sangat diperlukan untuk tubuh kita. Mentri Kesehatan telah mengeluarkan peraturan bahwa mineral pada air minum layak dikonsumsi harus < 500.

Air yang kita minum juga tidak boleh mengandung logam berat, pestisida dan juga zat-zat kimia beracun. Jika kita tetap meminum air yang mengandung logam berat, pestisida dan zat kimia beracun maka akan menganggu fungsi hati dan ginjal. Mengapa demikian? Karena hati dan ginjal harus bekerja lebih keras ketika ingin mengeluarkan toksin dari tubuh kita. Logam berat, pestisida dan zat-zat kimia berbahaya bersumber dari polusi air yang salah satu penyebabnya adalah pembuagan limbah berbahaya.

4.    Tidak Mengandung Bahan Radioaktif

Teman-teman tau tidak dengan istilah nuklir? Pasti tau donk. Nah, Industri nuklir adalah salah satu sumber bahan-bahan radioaktif. Industri nuklir  mempunyai limbah. Limbah dari industri nuklir mengandung bahan-bahan radioaktif. Limbah tersebut harus diisolasi dan tidak boleh sampai bocor apalagi sampai mengalir ke sungai atau ke dalam tanah serta mencemari air. Jika sampai terjadi, maka sangat berbahaya untuk kesehatan kehidupan manusia. Bila  kita meminum air yang telah terkontaminasi oleh bahan radioaktif maka mudah bagi kita terkena penyakit, salah satunya kanker.

Sulitnya Memperoleh Air Minum  yang Layak  Dikonsumsi

Tidak mudah untuk memperoleh air minum yang layak dikonsumsi. Apalagi krisis air bersih telah terjadi dimana-mana yang merupakan imbas dari kerusakan lingkungan. Salah satu contohnya adalah pembuangan sampah sembarangan ke sungai yang menyebabkan air sungai menjadi kotor dan tidak layak digunakan. Di Indonesia sendiri diperkirakan, 60 % sungainya, terutama di Sumatera, Bali, Jawa dan Sulawesi tercemar oleh limbah, mulai dari bahan organik hingga bakteri Coliform Fecal Coli penyebab diare. Bahkan 44 % angka kematian bayi di Indonesia disebabkan oleh diare.

Di tengah kesulitan memperoleh air bersih guna mengkonsumsi air minum yang layak dikonsumsi, berbagai cara telah dilakukan masyarakat.  Menggali sumur, sebagai sebuah alternatif yang saat ini masih banyak dilakukan warga, terutama warga pedesaan. Akan tetapi masalahpun akan datang seiring musim kemarau tiba. Air bersihpun sulit didapatkan karena sumur bisa saja akan kering. 

Sumur bor, salah satu cara yang banyak dilakukan warga guna memperoleh air bersih. Kita ketahui bahwa biaya membuat sumur bor tidaklah murah, sekitar 7 hingga 8 juta bahkan bisa lebih sesuai kedalamannya. Biaya semahal ini tidak sebanding dengan kualitas air yang diperoleh. Jika dilihat dari jumlah air, memang banyak dan melimpah, tetapi kebanyakan kualitas air dari sumur bor cendrung keruh dan berminyak. Dampak dari hal ini, masyarakat harus membuat filter air secara manual guna menyaring air kemudian memasak air tersebut agar air aman untuk minum

Selain dengan cara menggali sumur dan membuat sumur bor, ada cara lain yang juga dilakukan oleh banyak warga, yaitu menggunakan air PDAM

Air PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) didapatkan dari sungai-sungai yang kita kenal dengan sebutan air baku. Air baku inilah yang akan diproses lalu didistribusikan ke rumah-rumah penduduk. Karena diawasi langsung oleh pemerintah, tentu air dari PDAM ini  telah memenuhi syarat  untuk  diminum. Tetapi masalahnya timbul dalam proses pendistribusian air itu sendiri. Masalah-masalah yang timbul di saat pendistribusian air inilah yang membuat kualitas air PAM menjadi menurun. Masalah-masalah tersebut antara lain kondisi  pipa air  yang sudah tidak layak, terdapat kebocoran pipa hingga pencurian air. Bahkan kondisi penampungan air yang sudah lama dan cendrung berlumut, juga bisa menurunkan kualitas air PAM tersebut untuk layak diminum


Tidak sedikit orang mengambil langkah mudah untuk mendapatkan air minum. Cara tersebut adalah dengan membeli air minum di depot air minum isi ulang. Hal ini tidak asing lagi bagi kita. Apalagi bisnis depot air minum  isi ulang semakin membanjir. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya depot-depot air minum isi ulang di sekitar lingkungan kita. Akan tetapi kebanyakan orang hanya tergiur dengan harga yang murah dan juga mudah dalam pemesanan, tanpa memperhatikan kualitas air minumnya. Maaf sebelumnya, bukannya meremehkan kualitas air yang dijual oleh depot-depot air minum isi ulang, akan tetapi fakta yang ada adalah tidak sedikit dari depot air minum tersebut menjual air minum yang tidak layak untuk dikonsumsi.

Banyak sekali pengusaha-pengusaha depot air minum isi ulang tidak mengantongi izin dari dinas kesehatan alias ilegal. Di bawah ini bisa dilihat bukti screenshot dari google.com dengan kata kunci "Depot Air Minum Isi Ulang Tak Kantongi Izin" tentang berita-berita dari media yang menyatakan bahwa banyak sekali depot air minum isi ulang tidak memiliki izin bahkan dinyatakan berbahaya. 

depot air minum ilegal

Bisa dibayangkan jika kita membeli air minum di depot air minum isi ulang yang ilegal tanpa izin, bisa-bisa tubuh kita akan terserang berbagai penyakit. Tetapi saya yakin, masih ada depot-depot air minum isi ulang yang taat kepada peraturan dan tidak hanya memikirkan untung dan rugi saja. Jadi, jika masih tetap ingin membeli air minum di depot air minum isi ulang, banyak hal yang harus kita perhatikan, antara lain izin usaha ditambah dengan surat dari dinas kesehatan yang menjamin bahwa air minum yang mereka jual layak dikonsumsi. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kebersihan, mulai dari kebersihan lokasi hingga cara mereka membersihkan galon yang akan mereka isi ulang. Dari deretan fakta-fakta di atas, pantas untuk kita menyimpulkan bahwa memang sulit untuk mempereoleh air minum yang layak dikonsumsi guna memperoleh hidup yang lebih sehat. 


Pakai Pureit  Marvella. . . Syarat air minum yang layak  dikonsumsi terpenuhi dengan mudah. 
 
Di zaman teknologi canggih seperti saat ini, Adakah sebuah produk yang bisa dijadikan sebagai solusi bagi orang yang ingin dengan praktis dan hemat dalam memperoleh air minum 100% layak dikonsumsi? Pureit Marvella adalah jawabannya. Dengan menggunakan Pureit Marvella maka semua syarat dari air minum yang layak dikonsumsi bisa terpenuhi.  Aku sendiri punya 6 kata buat Pureit Marvella, yaitu CANGGIH, HEMAT, PRAKTIS, AMAN dan KUALITAS TERJAMIN.

Canggih, karena Pureit Marvella adalah water purifier yang memiliki 4 tahap pemurnian air seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini: 

Pureit Marvella

Jika kita perhatikan secara seksama gambar di atas, Pureit Marvella mempunya 3 buah filter ditambah dengan sinar UV dengan intensitas tinggi. Filter pertama disebut filter sedimen yang berfungsi untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang terlihat seperti tanah, pasir dan lain sebagainya. Filter ini berguna untuk menjernihkan air sehingga air tidak berwarna. Filter kedua adalah filter karbon aktif untuk mensterilkan air dari parasit, pestisida, klorin, rasa dan bau. Otomatis pada tahap filter yang kedua ini, syarat fisik air  minum yang layak diminum sudah terpenuhi. Pada filter ketiga yaitu filter sedimen plus, air akan terbebas dari karbon dan sisa-sisa kotoran serta zat-zat kimia beracun. Untuk membersihkan air dari bakteri-bakteri berbahaya seperti E Coli, Coliform, parasit dan bakteri berbahya lainnya, Pureit Marvella memiliki sinar UV dengan intensitas tinggi.

Hemat . . . Apa benar Jika kita menggunakan Pureit Marvella kita bisa menghemat uang? Tentu, Pureit Marvella bisa membantu kita untuk hemat mulai dari Rp. 225.000,-  hingga Rp. 1. 750.000,- dalam setahun. Kalau tidak percaya bisa lihat rinciannya pada gambar di bawah ini.

Pureit Hemat

Pureit juga memiliki Germkill Kit (Perangkat Pembunuh Kuman) yang tahan lama dan dapat diganti dalam waktu 6 hingga 8 bulan setelah pemurnian air sebanyak 1500 liter atau setara dengan 80 galon. Pureit juga tidak memerlukan gas. Jadi kita tidak perlu membeli gas untuk memasak air.  Apalagi harga gas sekarang ini selalu naik.

Praktis. . . Zaman sekarang ini siapa yang tidak menginginkan sesuatu yang serba praktis dengan hasil yang memuaskan. Pureit Marvella bisa memberikan kepraktisan tingkat tinggi kepada penggunanya. Jika menggunakan pureit Marvella, kita tidak perlu menggunakan listrik. Kita juga tidak perlu memasak air dan yang pastinya kita tak perlu mengangkat galon air.

Aman . . . Apa benar Pureit Marvella itu aman digunakan? Yup, Pureit Marvella  memiliki 2 jaminan perlindungan. Perlindungan pertama yaitu dengan adanya Germkill Life Indicator yang berfungsi untuk memberitahu kita kapan Germkill Kit (Perangkat Pembunuh Kuman) harus kita ganti. Perlindungan yang kedua yaitu dengan adanya penghentian otomatis. Jika Germkill Kit sudah saatnya harus diganti, tetapi kita belum menggantinya, maka air akan berhenti mengalir sampai kita mengganti Germkill Kit dengan yang baru. Dari sini kita bisa lihat bahwa pureit sangat peduli kepada penggunanya agar selalu meminum air yang layak dikonsumsi. Bayangkan jika Germkill Kit yang berfungsi untuk membasmi kuman sudah rusak dan harus diganti, tetapi kita tidak menggantinya, sementara itu air tetap mengalir, tentu kita akan meminum air yang penuh kuman.

Kualitas . . . soal kualitasnya bagaimana? Apakah terjamin? Tentu!! Pureit Marvella  telah memenuhi kriteria ketat internasional dari Environmental Protection Agency (EPA), Amerika Serikat dalam menghilangkan bakteri dan virus yang berbahaya. Bukan itu saja, produk ini juga telah teruji kinerjanya oleh lembaga ilmu pengetahuan dan institusi kesehatan terkemuka di Asia, Eropa dan Amerika Serikat.

Pureit Marvella juga memanjakan para pemakainya dengan harga yang terjangkau, yaitu hanya Rp. 2.500.000,-  dengan garansi 1 tahun. Juga disediakan teknisi yang berpengalaman tanpa dipungut biaya alias gratis. Untuk layanan purna jual, bisa menghubungi suara konsumen Pureit    (pulsa lokal) 500258 (PSTN) atau 500258 (GSM). Juga bisa via email; pureit.indonesia@unilever.com, atau kunjungi websitenya langsung di www.pureitwater.com/ID/.

Sebagai penutup tulisan ini, saya menghimbau kepada diri saya pribadi dan teman-teman semua agar selalu berusaha untuk mendapatkan air minum yang layak dikonsumsi. Jangan sampai air minum tidak layak dan tidak memenuhi syarat  yang kita konsumsi. Jika sudah begini, air minum tersebut bisa beralih fungsi menjadi air minum yang menjadi sumber penyakit.

Di zaman serba canggih seperti sekarang  ini,  dimana kita dimajakan oleh berbagai macam teknologi untuk mempermudah hidup kita. Pureit Marvella  adalah salah satu contoh teknologi yang bisa membantu kita dalam memperoleh air minum yang layak dikonsumsi, sehingga kita akan benar-benar merasakan air minum yang bisa membantu kita untuk hidup sehat. 


 Sumber:




Tulisan ini Diikutsertakan dalam Lomba Blog dengan Tema
Syarat Air Minum Yang Layak Dikonsumsi
Yang diselenggarakan Oleh Pureit dan BLOGdetik

















Related Post



Efendi BBIO Lowongan Kerja Terbaru Updated at : 08.07
Andy Jombang mengatakan...

Artikel sangat berguna. Thank you

Belajar Komputer mengatakan...

lengkap gan artikelnya, somega menang ya . . . good luck. Sayang ane tidak ikutan . . . telat dapat infonya :(

duniaku mengatakan...

@Andy Jombang: Sama-sama. Terima kasih atas kunjungannya
@Belajar komputer: Amin . . . Amin. Thank you :)

Zakiani mengatakan...

setuju sekali dengan tulisan di atas. Air memang penting sekali. Aku dulu gendut dam semenjak banyak-banyak minum air putih berat badanku lumayan berkurang. + program diet yang sehat :)

duniaku mengatakan...

@Zakiani: Terima kasih atas komentarnya :)

Anonim mengatakan...

Saya di rumah pakai sumur bor. Memang benar, air sumur bor tidak bisa langsung dimasak untuk diminum tetapi harus di saring dulu. Bahkan untuk mandi dan mencuci arinya harus di filter juga karena warnanya tidak terlalu jernih. Lama kelamaan baju warna putih bija berubah menjadi kuning jika dicuci pakai ari sumur bor.

Doa qunut mengatakan...

Setuju, PDAM harus diperbaiki terus menerus agar bisa menyajikan air layak minum dan perbaiki kebocoran

Posting Komentar