Lebaran Bukan Hanya Sekedar Bersenang-Senang



Setelah berpuasa satu bulan lamanya
Berzakat fitrah menurut perintah agama
Kini kita beridul fitri berbahagia
Mari kita berlebaran bersuka gembira

Berjabatan tangan sambil bermaaf - maafan
Hilang dendam habis marah di hari lebaran
Berjabatan tangan sambil bermaaf - maafan
Hilang dendam habis marah di hari lebaran

Minal aidzin wal faidzin
Maafkan lahir dan batin
Selamat para pemimpin
Rakyatnya makmur terjamin
...............
Kita semua pasti tidak asing lagi dengan lirik lagu di atas. Sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Tasya. Lagu ini bukan sembarangan lagu. Mengapa saya bilang demikian, karena lirik lagu ini adalah penjelasan dan gambaran tentang sebuah hari besar yang selalu dinanti-nantikan umat Islam, yaitu lebaran Idul Fitri.

Berbicara tentang lebaran Idul Fitri, lebaran Idul Fitri  adalah puncak dari selesainya umat Islam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Hmmmm rasanya berat meninggalkan bulan penuh berkah ini. Gimana nggak berat, karena menurut aku bulan Ramadhan ini bulan penuh bonus. Dimana semua amal ibadah dilipat gandakan pahalanya. 

Di hari lebaran Idul Fitri, semua umat Islam bersuka gembira. Berkumpul bersama keluarga, sahabat dan tetangga, sambil silaturahmi lalu bersalam-salaman sambil memaafkan satu sama lain. Pada saat itu hilanglah dendam, amarah dan yang ada adalah rasa gembira dan kasih sayang. Duh . . .  indahnya ^_^  Lebaran tahun ini juga ada yang spesial, loh. Karena kita memiliki presiden baru. Semua pasti belum lupa dengan pengumuman resmi KPU malam kemarin. Semoga saja pemimpin Indonesia yang baru terpilih tersebut bisa memberikan angin segar untuk rakyat Indonesia sehingga bisa makmur terjamin. Amin. 

Pada saat lebaran, tidak sedikit umat Islam yang terlena dengan berbagai macam kesenangan yang ada. Kata pak ustadz yang tinggal di sebelah rumahku, saat lebaran itu, para iblis mulai melancarkan jurus-jurus jitunya untuk menggoda manusia. Iblis menggunakan berbagai macam makanan lezat, kesenganan dan kegembiraan lainnya untuk menggelapkan hati umat Islam. Sebenarnya kata pak ustadz ini ada benernya juga. Coba kita perhatikan, pada saat lebaran, banyak orang disibukkan dengan berkunjung ke rumah keluarga dan tetangga. Makan makanan enak dan tak lupa juga berdandan menggunakan baju baru. Karena terlena oleh semua kesenangan dan kenikmatan yang ada, banyak umat Islam yang lupa sholat Dzuhur. Saat adzan Dzuhur terdengar, pada cuek-cuek itik, keenakan ngobrol sambil makan kue lebaran. Bentar lagi . . . ah . . . masih jam 1, karena mengulur-ngulur waktu dan terlena dengan hingar bingar lebaran, sholat terlalaikan. 

Duh, sayangnya. . . jangan sampai kita begitu. Padahal sukses tidaknya puasa kita dilihat dari amal ibadah kita dan tingkah laku kita setelah Ramadhan usai. Jangan sampai Ramadhan udah selesai, selesai juga sholatnya, selesai juga baca Qur'annya, selesai juga sholat malamnya. Hmmmmm Semoga kita semua terlindung dari hal-hal buruk ini. Amin. 

Jadi, lebaran Idul Fitri itu bukan hanya sekedar bersenang-senang. Akan tetapi merupakan hari dimana kita akan mulai membuktikan kepada diri kita dan juga kepada tuhan seberapa suksesnya kita pada saat puasa Ramadhan. Jika kita bisa menjadi diri yang lebih baik dengan meningkatnya amal baik yang kita lakukan, insyaallah gelar fitrah atau suci akan ada pada diri kita. 


By the way, ini hari terakhir ngaBLOGburit yang diadakan oleh Blogdetik. Teman-teman yang pernah menang pasti pada seneng, ya. ^_^ Kalau aku sih belum pernah menang. Akan tetapi nggak papalah. Itung-itung belajar dan melatih kemampuan menulis + melatih kesabaran dalam mencari rezeki. Kalau kita gagal, tetap semangat, disamping itu janganlah hadiah dijadikan sebagai tujuaan satu-satunya dalam mengikuti lomba. Setuju? Pasti donk ^_^  

Di akhir tulisan ini, aku ingin mengucapkan Minal 'Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan  Batin untuk teman-teman semua. Selamat Hari Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah. Wish all the best for you :) 



Related Post



Efendi BBIO Lowongan Kerja Terbaru Updated at : 05.00

Posting Komentar