CPNS 2014 Dimulai Juli 2014



cpns 2014 mulai  bulai juli
Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akhirnya mengumumkan jika pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 akan dimulai pada minggu ketiga bulan Juli mendatang. Kementrian PAN-RB mentargetkan jika para pelamar sudah bisa melakukan pendaftaran secara online pada minggu ketiga Juli. Dengan berkurangnya syarat pendaftaran, diharapkan para pelamar lebih mudah menyelesaikan mekanisme pendaftaran dibandingan tahun-tahun sebelumnya.

Untuk pelaksanaan seleksi CPNS 2014 ini Kementrian Pan-RB sudah mewajibkan daerah maupun instansi untuk menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Dengan sistim CAT, otomatis pelaksanaan tes CPNS tidak serentak lagi, sesuai jadwal yang ditetapkan Panselnas.
Lebih lanjut Karo Hukum, Komunikasi Informasi Publik (KIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman, mengungkapkan jika pelaksanaan ujian pengadaan CPNS akan dimulai akhir Juli hingga Oktober 2014. “Pelaksanaan tes kompetensi dasar (TKD) untuk instansi pusat dimulai akhir Juli. Sedangkan daerah mulai awal Agustus,” ungkap Herman.
Untuk materi seleksi CPNS, ada tiga komponen materi TKD yang diujikan. Ketiga komponen tersebut adalah tes intelegensia umum, tes wawasan kebangsaan, dan tes karakteristik pribadi. Materi tes ini tidak berbeda dengan tes pada tahun-tahun sebelumnya. Selain TKD, pemerintah juga memberlakukan tes kompetensi bidang (TKB) untuk formasi tertentu misalnya tenaga guru, dosen, penyuluh, dokter, dan lain-lain.
“Masih ada kesempatan banyak bagi pelamar untuk mempersiapkan diri. Dengan sistim CAT, siapa yang pintar pasti akan lulus. Sekarang tidak pakai uang dan orang dalam, jadi peserta harus sangat siap karena tidak ada yang bisa menolong selain diri sendiri,” ujar Herman pula.
Herman menjelaskan, menurut rencana, pendaftaran CPNS secara online dan terintegrasi (sistem single entry) akan dilakukan pada bulan Juli, dan tes kompetensi dasar (TKD) dilaksanakan mulai bulan Agustus 2014.
Ia menyebutkan, satu pelamar kini dapat memilih tiga jabatan dalam satu instansi.  “Saat pendaftaran tidak perlu menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Berbadan Sehat, dan Kartu Kuning dari Dinas Tenaga Kerja,” tambah Herman.

Ditambahkan Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB itu,  seperti tahun lalu materi TKD terdiri dari 3 kelompok soal. Kelompok pertama adalah wawasan kebangsaan, yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Sedangkan kelompok kedua adalah karakteristk pribadi, yakni integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan dll.
Adapun kelompok soal ketiga, menurut Herman, adalah intelegensia umum, yang meliputi  kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, kemampuan berpikir analitis.
Herman memastikan jika hampir semua seleksi CPNS itu akan menggunakan sistem komputerisasi atau Computer Assisted Test (CAT), untuk menjamin transparansi, obyektifitas, dan bebas dari KKN dalam seleksi.
“Dengan cara ini, pemerintah optimis bisa menjaring putera-puteri bangsa terbaik untuk menjadi aparatur sipil Negara,” pungkas Herman.

Related Post



Efendi BBIO Lowongan Kerja Terbaru Updated at : 17.05